Senin, 25 Mei 2015

Laporan Pengajaran PAUD Minggu Ketiga


Hari/Tanggal   : Jum’at/ 8 Mei 2015

Nama              : Ruby Dary Haniva Abduh
NIM                 : 1801446840
Kelas               : LE11

Lokasi             : PAUD Kartini, Jln. Tubun 1 no. 16 Kel. Kotabambu, Kec. Palmerah  Jakarta Barat




Saya dari kelas LE11, ini minggu ketiga kami mengajar di PAUD Kartini pukul 09.00. Minggu sebelumnya kami tidak mengejar karena PAUDnya libur, jadi kami baru bisa mengajar lagi sekarang. Saya dan teman saya Willy Natan dan Archilles Diony tiba di PAUD Kartini. Sesampainya di PAUD Kartini, kami di sambut oleh Bu Tuti dan Bu Lia. Lalu kami di persilahkan masuk kedalam kelas dan mulai memperkenalkan diri lagi, dan mengumumkan materi yang akan kami ajarkan. 





Hari ini kami mengajarkan tentang nama buah dan warna pada buah. Kami langsung membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dibagikan kepada setiap anak- anak PAUD Kartini, dimana mereka diminta untuk mewarnai buah-buahan yang kami sediakan dan mengetahui buah apa yang mereka warnai. Selain mengenal buah-buahan, anak-anak bisa menambah pengetahuan tentang warna. Terdapat beberapa anak yang kesulitan dalam mengerjakan tugas mewarnai tersebut, tetapi tugas tersebut dapat diselesaikan degan baik setelah kami memberikan bantuan. Selain mempertajam kemampuan analisa anak, kegiatan ini juga memperkenalkan buah - buahan dan hal - hal lainnya kepada anak - anak. Setelah itu, masuklah waktu istirahat untuk anak - anak. Seusai waktu istirahat, anak-anak bersiap untuk pulang kerumah masing-masing. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan doa.




Nilai Pancasila yang diterapkan : Meskipun terdapat beberapa hambatan untuk diwujudkan secara 100%, semua sila Pancasila dapat dikatakan terkandung  dalam pertemuan pertama ini.Sila pertama diingatkan dan dilaksanakan dengan doa sebelum serta sesudah kegiatan, sila kedua dan kelima dengan semuanya mengikuti proses pembelajaran, tidak ada yang ditinggal dan diskriminasi, sila ketiga dengan saling membantu dalam berbagai situasi, misalnya ketika anak - anak tidak mengerti akan sesuatu, cara penulisan dan pembacaan, sila keempat dengan tidak adanya pembuatan keputusan secara individualis dalam pembuatan materi pembelajaran, dan tidak memaksakan kehendak ketika mengajar, serta dalam kasus anak - anak, tidak memaksakan kehendak mereka terhadap pengajar maupun anak - anak lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar